Minggu, 20 Juli 2008

emo tuh sebenernyah dari hc pa bukan sihh,,

Merunut ke belakang sejarah Emo(tional) agak susah juga dari mana startnya. Kalo gw secara pribadi, gw bisa bilang, Husker Du dengan albumnya Zen Arcade adalah Emo pertama. Awalanya Husker Du adalah HC 80an awal yang kenceng, sekenceng Teen Idles maupun Minor Threat, sampai mereka ngeluarin album Zen Arcade itu. Bisa di bilang, secara lirikal mereka lebih emotional dan berani explore masalah pribadi yang saat itu di anggep kurang macho hehehehe.....

Nah di pertengahan 80an, DC hardcore mengalami stagnansi yang amat sangat. Skinhead mulai mengusai HC sehingga banyak partisipan HC seperti Ian Mackaye mulai jengah dengan kekerasan pada scene DC HC. Minor Threat pun bubar. Akhirnya dengan approach kepada musik Punk yang berbeda dengan HC, Ian membentuk band baru bernama Embrace. Gak bertahan lama Embrace bubar dan membentuk Fugazi bersama frontman Emo Guy Picioto dari Rites of Spring. Ada satu acara di DC yang sebagai titik awal musik Emo, revolution summer.

Sebagian dari crowd DC HC yang sok tough macho guy, menyebut mereka sebagai Emo(tional) Hardcore, Emo karena secara lirikal Emotional dan Hardcore karena mereka adalah banyak dari dulunya musisi HC jadilah isitilah Emocore. Jangan salah, Emocore adalah hinaan. Jadi awalnya bukan genre musik. Sementara si artisnya sendiri pun lebih suka di bilang Punk saja.

Dari sini, mulailah bermunculan band2 baru.....say like Dag Nasty, Jetz to Brazil, Sunny Day Estate (bener gak sih?), cap'n jazz, Texas is The Reason, dll.........

Sementara itu, di scene Metalcore pun, beberapa band mulai berani memasukan unsur Emo seperti band2 diatas dimasukan ke agresi Metalcore yang ada, say like Poison the Well, 18 Visions dll.

So, band2 sekarang, tinggal ngelanjutin apa yang udah ada di sebelumnya......

yah kira2 gitu jawabannya...hehehe sok tau deh gw

Tidak ada komentar: